Airdrop ( dasar )

Apa itu airdrop
Airdrop dalam dunia crypto bisa diartikan sebagai pembagian koin gratis kepada komunitas projek terkait. Hal ini digunakan sebagai media promosi terhadap publik agar tersebut dapat dikenal oleh orang banyak.

Pada dasarnya cryptocurrency hanya memegang nilai karena orang percaya pada mereka dan mengakui nilainya. Semakin banyak orang yang memiliki cryptocurrency, semakin mungkin untuk menjadi diadopsi secara luas dan meningkat nilainya. Airdrops efektif karena “efek endowment,” sebuah fenomena di mana orang akan menganggap nilai pada sesuatu hanya karena mereka memilikinya.

Jika dilihat secara Singkat kinerja airdrop adalah sebagai berikut :
Peserta
Tugas : Membantu / mengerjakan tugas yang tersedia sesuai aturan airdrop yang diadakan oleh pemilik projek.
keuntungan : mendapatkan koin gratis

Pemilik Proyek
Tugas : Memberikan Token secara gratis kepada komunitas
keuntungan : Promosi dan dukungan dari komunitas, Holder token/coin awal,

Dengan mengeksekusi waterdrop hadiah, startup dapat menciptakan kesadaran massal tentang proyek mereka, penjualan token atau pra-ICO dengan biaya minimal kepada mereka. Kampanye media sosial memungkinkan proyek menjadi terlihat oleh orang-orang yang tidak akan pernah mengenali keberadaannya. Airdrops juga dapat menciptakan jaringan luas pengguna yang termotivasi untuk mendorong keberhasilan proyek dengan melakukan hal-hal bersama seperti memenangkan voting komunitas untuk daftar pertukaran.

Dengan memberi penghargaan kepada pemilik token dengan freedrops, proyek juga dapat mendorong pengguna untuk menahan (HODL) koin mereka untuk jangka panjang. Ini secara efektif dapat menurunkan tekanan jual koin. Airdrop Holder telah menjadi taktik populer di antara beberapa proyek crypto yang paling sukses, seperti NXT, WAVES, Bitcore, dan banyak lagi.

jadi, masing – masing mendapatkan keuntungan dengan adanya program airdrop tersebut.

Hal yang dibutuhkan
Untuk mengikuti airdrop anda diharuskan memiliki Email, akun social media aktif dan sebuah wallet untuk menerima token / koin gratis nantinya
Social media yang biasa digunakan dalam program airdrop adalah : Bitcointalk, Telegram, Twitter, Facebook, Medium, Reddit, Discord, LinkedIn, Instagram, Youtube, dll.
sementara untuk wallet biasanya diperlukan wallet yang anda memiliki ” Private Key ” sendiri dan bukan wallet dari platform exchange seperti Binance, Mercatox, Huobi dll.
berikut adalah beberapa wallet yang sering digunakan untuk menerima airdrop, jika anda tidak memiliki salah satunya silahkan merujuk pada link link dibawah untuk mendapatkan wallet secara gratis.
Ethereum ( ETH ) : Myetherwallet , Metamasks
NEO :
Waves :
Stellar ( XLM ) :

Catatan : Setelah anda memiliki wallet tersebut , simpan dan amankan Private key / akses login wallet anda !!!

Jika Email, Akun sosial media dan wallet telah anda miliki maka anda sudah bisa mengikuti program airdrop. dalam hal ini anda hanya tinggal mengikuti instruksi atau perintah yang disediakan oleh penyedia airdrop.
semisal bergabung di Telegram group / channel mereka, memberikan like, comment dan meretweet postingan twiter mereka. melakukan posting, repost, like, komentar di halaman facebook mereka. dll.
selain itu biasanya juga terseia program referral ( mengajak teman / orang lain ikut bergabung ) untuk meningkatkan jumlah koin yang akan anda terima nantinya.

Saya telah bergabung dan menyelesaikan tugas, kapan saya menerima Token / Coin ?
Pada umumnya Token / Coin didistribusikan setelah fase ICO proyek mereka selesai, anda bisa menunggu sambil melihat pekembangan proyek mereka melalui akun sosial mereka, bahkan biasanya peserta airdrop mendapat pemberitahuan melalui email. anda juga bisa hubungi admin / CS mereka untuk informasi distribusi Token / Coin airdrop atau berdiskusi dengan peserta lain dalam grup-grup resmi yang tersedia.

Saya telah menerima Token / koin , Lalu bagaimana ?
Ketika anda telah menerima Token / koin di wallet anda . anda telah memiliki hak penuh untuk menjual atau menyimpan koin tersebut. Jika koin belum tersedia di market, maka anda tinggal menunggu sampai mereka terdaftar. atau anda bisa menjual langsung di market yang tersedia atau menjual secara perorangan kepada orang lain yang mencari Token / Coin tersebut, dalam hal ini harga mungkin akan sangat berbeda dengan anda menjual di market resmi dan biasanya harga jualnya pun akan lebih rendah dibanding kita menjual di market resmi nantinya.

Saya tidak menerima Token / Koin ?
Meskipun program airdrop sangat mudah, tetap saja anda harus berhati-hati dan mengikuti prosedur yang diberikan pemilik projek.
Contoh aturan :
Tetap aktif dalam Telegram grup dengan memberikan posting konstruktif minimal 1 posting/minggu hingga ICO berakhir
Tetap mengikuti Telehram channel hingga ico selesai
Dilarang Unfollow/ UnLike hingga ICO selesai
Postingan sosial media harus terlihat oleh publik
Dilarang membuat akun ganda

jika anda melanggar salah satu aturan diatas bisa menjadi salah satu penyebab anda tidak menerima Token / Coin, jika anda tidak melakukan pelanggaran, cobalah hubungi admin terkait untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *